MESIN SERUT



Terdapat bermacam-macam mesin kayu untuk membantu pekerjaan tukang kayu dalam proses produksi. Teknologi mesin hingga saat ini justru sudah menggunakan sistem komputerisasi pada berbagai mesin besar dan mesin kombinasi. namun terkendala harga mesin yang mahal dan sangat tidak terjangkau oleh kantong para pelaku bisnis meubel menengah kebawah. Untuk itu masih sangat dibutuhkan teknik menyerut menggunakan pasah manual ataupun pasah mesin :

Alat ketam, serut atau pasah manual

Alat ini sudah sangat jarang digunakan, cara menggunakannyapun begitu mudah tidak perlu listrik dan sangat ramah lingkungan karena tidak menimbulkan suara bising dan sedikit debu. Setelannya sendiri juga mudah jika ingin menyerut kayu yang masih baru dipotong atau digergaji tinggal menyetel serutan kasar bisa digunakan 1 mili dan untuk hasil finishing biar halus dan lebih gampang meratakan kayu tersebut tinggal menyetel dengan setelan yang lebih halus atau kurang dari 1 mili. berikut adalah cara menggunakan pasah manual :
  • Agar mudah digunakan dan hasilnya maksimal adalah dengan mengasah pisaunya terlebih dahulu.
  • Mulai pasah dari pangkal kayu dan lihat bagian-bagian yang perlu diratakan
  • Setel pisau pasah untuk finishing agar hasil lebih halus 

Alat ketam, serut atau pasah mesin




Bagaimana cara menggunakan mesin serut kayu

Adapun cara menggunakan mesin serut ini sangatlah mudah. Tapi bagi para pemula perlu sedikit adaptasi terutama saat mulai menyerut pada pangkal kayu dan pada ujung kayu. Biasanya pada pangkal kayu mesin lebih di condongkan pada bagian depan. Dan pada waktu di ujung kayu mesin lebih di tekan pada pangkal mesin

Mesin serut juga bisa untuk membuat sekonengan pada saat membuat kusen kayu dan kusen jendela. Tapi yang paling banyak mesin ini untuk meratakan dan menghaluskan pada permukaan kayu. Bila ingin membuat sekonengan anda harus menambahkan alat pada samping mesin serut tersebut. mesin ini cuma bisa membuat sekonengan dengan kedalaman kurang lebih 1 cm, lebih dari itu mesin ini tidak bisa.

Jenis mesin ini paling di sukai oleh para pekerja di bidang furniture, dan terkadang juga di pakai oleh para pekerja bangunan . karna dari segi harga relatif murah dapat terjangkau dari kalangan menengah ke bawah. kalau pekerja banguna biasanya hanya di butuhkan cuma sekedarnya seperti meluruskan bahan-bahan bangunan. seperti kaso dan papan-papan.

Cara memasang mata pisau pada mesin serut kayu

Dan untuk mengganti pisau ini , anda tinggal membaliknya, di situ terlihat 3 buah baut terus lepas 3 baut tersebut dengan kunci yang sudah di sediakan. Dan bila ingin memasang pisaunya , terlebih dahulu luruskan bagian bawah mesin / ratakan dengan penggaris biar mantap.

Dengan tenaga mesinnya yang kuat dan daya yang sedikit, ini bisa jadi dambaan oleh para pekerja mebel.karena dengan adanya mesin ini bisa mempercepat pekerjaa.mengenai perawatan tingal di kasih oli pada lakernya. mengenai jenisnya mesin serut ini banyak sekali jenisnya, sepertiserut pres, serut siku dll.

perlu juga diperhatikan penggantian sikat arang agar kinerja mesin semakin optimal


Semoga bermanfaat