TALANG AIR METAL




Kami menjual Talang Metal untuk Air Hujan. Talang Atap Rumah,Talang Baja,Talang Air (Water Gutter) Metal baja Talang Metal yang kami jual betul-betul puas memakainya, karena mutu yang sangat prima.. Talang Metal yang kami pasarkan terbuat dari metal baja yang di Galvanis dan dilapisi dengan lapisan Powder Coating tahan karat, merupakan kombinasi 2 lapisan pelindung Galvanis Coating dan Powder Coating yang menjamin kekuatan dan mempunyai daya tahan tinggi terhadap cuaca.

Mekanisme Pengukuran Talang Air Hujan,Talang Atap Rumah

Sebelum melakukan pembelian dan pemasangan talang terlebih dulu lakukan pengukuran keliling atap bangunan untuk mengetahui berapa jumlah (m) talang yang akan di pasang.
Pengukuran dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :
  1. Dengan bantuan gambar denah atap, dimana terdapat informasi seperti skala perbandingan, desain atap, dan luas daerah yang akan di pasang talang. Walaupun begitu tetap disarankan untuk melihat bentuk fisik atap dan bangunan.
  2. Mengukur keliling atap secara manual yaitu dengan cara menggunakan meteran.

Talang Datar

Jumlah talang datar yang dibutuhkan = panjang keliling atap yang akan dipasang talang (Gb. Dari A ke B ke C sampai D). Setelah diketahui jumlah talang yang dibutuhkan, tambahkan jumlah tersebut dengan toleransi sbb :

Keliling Atap (m)    Toleransi (m)

10 – 15                    +1
15 – 25                    +2
25 – 30                    +3

Talang Sudut Luar dan Talang Sudut Dalam


Setiap sudut dari atap harus menggunakan Talang Sudut, baik itu sudut luar maupun sudut dalam. Jumlah Talang Sudut yang dibutuhkan dapat diketahui dengan menghitung jumlah sudut (luar & dalam) dari atap bangunan.




Penahan Limpahan

Penahan Limpahan berfungsi untuk menahan derasnya air yang meluncur dari atap karena debit air yang banyak. Adapun area yang biasanya mempunyai debit air banyak yaitu area Sudut Dalam, oleh sebab itu setiap Sudut Dalam dianjurkan untuk dipasang Penahan Limpahan Sudut. Ada beberapa kasus area Talang Datar yang menggunakan Penahan Limpahan.

Penggantung

Penggantung berfungsi sebagai tempat dudukan Talang. Penggantung sebaiknya dipasang dengan sekrup langsung menembus ke rangka atap, agar lebih kokoh dan tidak membebani listplang. Jarak antar penggantung jangan terlalu jauh, disarankan jarak antar penggantung adalah 1m. Jadi jumlah penggantung yang dibutuhkan yaitu jumlah panjang talang +1.

Spacer

Spacer diperlukan untuk meluruskan posisi penggantung apabila listplang tidak tegak lurus dan juga untuk menempatkan talang tepat dibawah ujung atap bawah. Pengukuran untuk penentuan spesifikasi spacer terdiri dari 2 macam, yaitu :
  • Pengukuran jarak horizontal lisplang dengan ujung genteng (dari E ke F)
  • Pengukuran sudut kemiringan lisplang (sudut antara G dan H).
  • Jumlah kebutuhan spacer sama dengan jumlah penggantung.


gallery
gallery


Penyambung Talang

Penyambung talang digunakan di setiap pertemuan antara :
  1. Talang datar dengan talang datar
  2. Talang datar dengan talang sudut luar
  3. Talang datar dengan talang sudut dalam
Jumlah penyambung talang yang dibutuhkan tergantung berapa banyak sambungan yang ada.

Penutup Talang


Setiap ujung talang ditutup dengan penutup talang agar air tidak keluar jatuh bebas dari talang. Jumlah penutup talang yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah ujung talang (disesuaikan dengan kondisi di lapangan).

Corong

Corong digunakan untuk menampung dan menyalurkan air dari talang ke pipa. Kebutuhan jumlah corong yaitu  setiap 6 – 10 m talang. Apabila jarak antar corong terlalu jauh dapat mengakibatkan air tidak tertampung di talang.

Pengukuran Kebutuhan Pipa & Aksesoris

  • Untuk mengetahui berapa jumlah pipa yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :
  • Dengan bantuan gambar (blue print) dari bangunan, dimana terdapat informasi skala perbandingan yang akan memudahkan penghitungan kebutuhan pipa.
  • Dengan cara mengukur langsung fisik bangunan dengan menggunakan meteran.

Pipa Tegak

Pipa tegak digunakan untuk menyalurkan air dari talang ke tanah atau saluran pembuangan. Jumlah pipa tegak yang dibutuhkan yaitu = ( jarak plafon dengan lantai + jarak corong dengan dinding ) x jumlah corong.  Akan tetapi penghitungan dapat berbeda beda sesuai dengan kondisi fisik bangunan yang sesungguhnya. Oleh karena itu dianjurkan untuk melihat dan mengukur langsung fisik bangunan yang akan dipasang pipa. Panjang pipa tegak = 3m / batang.

Pipa Lengkung

Pipa lengkung digunakan sebagai sambungan corong munuju pipa tegak. Jumlah pipa lengkung yang dibutuhkan yaitu = jumlah corong x 2.

Penahan Pipa

Penahan pipa diperlukan untuk mengikat pipa ke dinding agar tidak berubah posisi (rubuh). Jumlah penahan pipa yang disarankan yaitu per 2m pipa. Sebagai ilustrasi 6m pipa menggunakan 4 pcs penahan pipa. Tapi jumlah tersebut dapat dikurangi atau ditambah sesuai kebutuhan di lapangan.

Sepatu Pipa

Pada setiap ujung pipa yang mengarah ke tanah atau lantai dibutuhkan sepatu pipa untuk mengarahkan jalannya air ke saluran pembuangan agar tidak menyebar kemana-mana. Adapun jumlah sepatu pipa yang dibutuhkan yaitu sesuai dengan jumlah pipa tegak yang mengarah ke lantai.

Apabila tidak terdapat sepatu pipa dapat digantikan dengan pipa lengkung.


INFO PRODUK

Nama
:
Gutter 150 mm
Kode
:
TD15 (15cm) / TDJ20 (20cm)
Bentuk
:
Setengah Lingkaran
Warna
:
Putih, Coklat, Hitam