BISNIS KOTOR HASILNYA HALAL




Jangan suuzon dulu dengan judul di atas ya …. Kotor yang dimaksud adalah menjijikkan kalau tidak dikelola dengan baik. Jika yang kotor tersebut dikelola secara professional, maka yang kotor tadi akan menjadi sumber rezeki yang halal dan menjanjikan bagi siapa saja yang mau berusaha.
Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3) kebetulan menjual toilet portable,yaitu toilet yang bisa dipindah-pindah dan dibawa kemana saja Anda suka, tentu saja toilet tersebut dipindah dan dibawa ketempat yang rame dan membutuhkan. Sebagai contoh atau ilustrasi :
  • Ditawarkan kepada pemborong bangunan skala besar untuk keperluan pekerjanya dengan jumlah pekerja minimal 25 orang atau dua (2) kali buang air kecil sehari.
  • Bekerjasama dengan penyelenggara keramaian (event organizer) seperti pertunjukan panggung terbuka artis local maupun internasional
  • Pertemuan akbar partai politik atau kampanye Pilkada
  • Menempatkan toilet portable ditempat ramai pengunjung, sepeti di tempat rekreasi di perbukitan, pasar, pusat perbelanjaan, acara bazaar dan lain sebagainya.

Toilet portable yang kami pasarkan mulai dari yang sederhana (Single Toilet) sampai dengan yang nyaman dipakai oleh para pejabat perusahaan serta orang terhormat. Apakah Anda sudah bisa membayangkan langkah selanjutnya ?


Sekarang kita mulai berhitung berapa modal yang diperlukan untuk menjadi Juragan Bisnis Kotor Uang Halal ini.
Kita mulai dengan 1 (satu) unit single toilet lengkap dengan tangki air bersih berkapasitas 300 liter dan septic tank dengan kapasitas 250 liter kami tawarkan dengan harga Rp. 13.500.000 per unit.
Jika satu (1) hari dikunjungi sebanyak 50 kali oleh orang yang membuang air kecil (belum dihitung yang buang air besar lho), maka pendapatan kotor lebih kurang :
50 x Rp 2.000 = Rp. 100.000 per hari atau
25 hari x Rp. 100.000 = Rp. 2.500.000 per bulan
Katakan pengeluaran untuk air bersih dan penjaga toilet diperkirakan Rp. 60.000 per hari atau Rp. 1.500.000 per bulan. Maka pendapatan bersih yang akan diperoleh Calon Bisnisman Toilet lebih kurang Rp. 1.000.000 per bulan.
Hasil tersebut baru dari 1 (satu) unit Toilet Portable. Bagaimana jika Anda punya 4 (empat) unit ? Lumayan kan ? Rp. 4.000.000 per bulan. Belum percaya ? silahkan mulai melakukan investasi berapa pun unit yang Anda sanggup untuk memulai. Dalam berusaha hendaklah seseorang memiliki keyakinan dan dorongan kuat untuk mulai melakukan.

Saran saya, jika Anda kesulitan menyiapkan modal awal secara perorangan, mulailah usaha ini dengan cara arisan atau gotong royong atau melibatkan koperasi didalamnya.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ....... 
Bandung, 18 Desember 2017

Salam Sukses
H. Mahyunir Sudarma