ATAP GELOMBANG UPVC


UPVC adalah material baru untuk Atap Rumah pengganti Genteng (beton/Metal/Keramik) dan Seng. Inovasi merupakan bagian dari proses tumbuhnya manusia. Tanpa ada inovasi, manusia akan sulit untuk berkembang. Salah satunya adalah inovasi pada atap bangunan, yang semakin memudahkan manusia mendapatkan keamanan dan kenyamanan.

Salah satu penelitian terbaru yang dilakukan pada pengembangan bahan atap gelombang atau genteng, yaitu menggunakan Bahan alternatif atap terbuat dari UPVC (Unplasticized PolyVinyl Chloride) dengan lapisan ASA/PMMA (Acrylic). Atap dengan bahan tersebut memiliki koefisiensi penghantar panas sebesar 0,325 w/m, atau sepertiga kali dari atap tanah liat, seperlima kali dari atap semen. Dengan begitu, ruangan dengan atap ini menghasilkan udara yang nyaman dan jauh lebih sejuk.

UPVC atau uPVC merupakan kependekan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Material ini merupakan turunan dari plastik yang mengalami proses tertentu sehingga sifat lentur/plastisnya dihilangkan. Hasil akhir material ini menjadi keras, kuat/rigid dan kemudian diaplikasikan ke berbagai macam bidang industri, antara lain Atap dan  building material seperti penyekat ruangan / partisi, pintu dan jendela.

Bahan uPVC tidak hanya bermutu tinggi, tetapi juga ramah lingkungan. Oleh karena hal ini, berbagai kalangan dari beberapa negara sangat menyukai pemakaian produk berbahan uPVC dalam sebelas tahun terakhir ini.

Bahan yang dipergunakan telah diakui kualitasnya. Salah satu keunggulan yang disukai dari produk uPVC oleh Negara-negara yang beriklim tropis adalah kemampuan untuk menyerap panas dan mempertahankan suhu udara di dalam ruangan. Disamping itu, produk yang dihasilkan memiliki nilai estetika / keindahan tersendiri. Oleh karena itu, pemakaian produk uPVC telah banyak digunakan di bangunan Pabrik dan industri, perhotelan, perumahan, ruko, rukan dan villa.

Keunggulan lain dari produk uPVC ini adalah :
  • Sangat kuat, tidak akan pecah walaupun diinjak, tahan terhadap asam, garam dan bahan kimia
  • Tahan api dan ringan
  • Mampu menolak panas / anti UV hingga 70%, sehingga membuat ruangan di bawahnya tetap sejuk
  • Kedap suara, tidak berisik pada waktu hujan, mampu meredam suara hingga 15 db
  • Tahan lama dan lentur
  • Tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga sangat efisien dan tepat
  • Proses instalasi sangat cepat dan mudah
  • Tahan terhadap beban dan benturan
  • Memiliki interlock syatem
Pada saat ini, Dunia Bahan Bangunan Bandung lebih fokus pada pemasaran dan penjualan Atap uPVC. Beberapa merek atap uPVC yang dipasarkan di Indonesia, antara lain : uPVC Multiwall Roof Top Alderon, Invideck dengan Tri Layer gelombang Trimdek, Avantguard 3 Layer, Avantguard Translite, Formax Roof, Excel Tech, Sun Panel, dll.